Menjaga Kesehatan Selama Hamil

Bagi ibu yang sedang hamil, dianjurkan untuk menjaga kesehatan agar tubuhnya selalu fit dan mendapatkan buah hati yang sehat pula.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Makanan (diet) ibu hamil. Ibu yang sedang hamil harus betul-betul mendapatkan asupan makanan yang cukup, dan yang harus diperhatikan lagi adalah sususnan ditnya, terutama mengenai jumlah kalori, protein yang sangat berguna untuk petumbuhan janun dalam kandungan dan untuk kesehatan ibu sendiri.
  2. Olahraga. Ibu hamilpun memerlukan olah raga, tentunya gerakkan disesuaikan dengan kondisi ibu hamil. Hal ini diperlukan untuk menjaga sirkulasi darah ibu, memperbaiki pencernaan, sehingga nafsu makan baik dan tidur menjadi nyenyak. Olah raga yang melelahkan dan berlebihan juga tidak dianjurkan. Olah raga yang dianjurkan seperti berjalan-jalan dipagi hari dimana udara masih segar, gerak badan ditempat seperti berdiri-jongko, terlentang dengan kaki diangkat, terlentang dengan perut diangkat dan melatih pernafasan.
  3. Tidur dan Istirahat. Terlebih untuk ibu yang bekerja, luangkan waktu untuk istirahat ataupun tidur walaupun sebentar pada sianghari atau setelah pulang kerja, agar tubuh menjadi rileks dan menghilangkan kelelahan.
  4. Kebersihan Tubuh. Usahakan mandi dan mengosok gigi secara teratur untuk menghindari penyakit yang ditimbulkan karena kurangnya kebersihan diri.
  5. Pakaian. Gunakan pakaian yang longgar, pakailah Bra yang menyokong payudara, dan jagalah kebersihan dalam dari kelembaban.
  6. Merokok dan Obat-obatan. Hindari merokok dan minum obat-obatan yang dijual bebas apalagi pada trimester awal karena dapat pempengaruhi proses pertumbuhan janin.

2 komentar:

hmcahyo mengatakan...

wah... kebetulan... istri saya lagi hamil 2 bulan... gak mau makan nasi... muntah2 terus... apa ya terapinya yang agar bisa makan normal lagi :)

titin mengatakan...

@ hmcahyo:
Mual dan muntah pada ibu hamil muda memang sering terjadi, dikarenakan perubahan hormon dalam tubuh ibu, biasanya hilang sendirinya ketika ibu memasuki usia kehamilan trimester ke 2 (setelah usia 3 bulan), tapi jika kondisi itu berlebihan harusnya istri diperiksakan ke tenaga dokter/bidan, untuk diberi obat penghilang mual dan muntah.
Untuk kondisi gak mau makan nasi sementara bisa diganti dengan sumber karbohidrat lain semisal roti, atau ubi-ubian, jangan lupa untuk minum susu, sekarang sudah ada kok susu untuk ibu hamil yang mengandung vitamin untuk mencegah mualdan muntah.intinya tiap hari harus ada asupan makanan yang masuk untuk menjaga kesehatan ibu dan pertumbuhan janin dalam kandungan.

Posting Komentar

Bloggerized by : GosuBlogger | Blue Weed by Blog Oh! Blog
Rusli Zainal sang Visioner