Proses Awal Kehamilan

Setiap bulan, seorang wanita mengeluarkan 1 sampai 2 sel telur (ovum) dari indung telur (ovarium). Oleh umbai-umbai (fimbriae) kemudian ditangkap dan masuk kedalam saluran telur (tuba). Saat terjadi persetubuhan atau senggama, cairan semen yang berisi berjuta-juta sel sperma masuk kedalam vagina kemudian bergerak menuju kedalam rongga rahim dan sampailah pada saluran tuba. Sel telur dan sel sperma biasa bertemu pada bagian tuba yang mengembung atau disebut dengan tuba falopii.
Disekitar sel telur banyak dikerumuni sel sperma yang mengeluarkan ragi untuk mencairkan zat-zat yang melindungi ovum. Kemudian pada tempat yang paling mudah dimasuki, masuklah satu sel sperma kemudian bersatu dengan sel telur. Peristiwa ini disebut dengan pembuahan(konsepsi/ fetilisasi).
Ovum yang telah dinuahi segera membelah diri sambil bergerak (oleh rambut getar tuba) menuju ruang rahim, kemudian melekat pada mukosa rahim untuk selanjutnya bersarang di ruang rahim, peristiwa ini disebut sebagai nidasi. Dari pembuahan sampai nidasi diperlukan waktu 6-7 hari. Untuk menyuplai darah dan zat-zat makanan bagi janin dipersipkan oleh palcanta. Jadi pada setiap kehamilan dibutuh sel telur, sel sperma, pembuahan, nidasi dan placentasi.

sumber: Sinopsis Obstetri

0 komentar:

Posting Komentar

Bloggerized by : GosuBlogger | Blue Weed by Blog Oh! Blog
Rusli Zainal sang Visioner