Susah Tidur pada Anak

Anak-anak susah sekali disuruh tidur siang, maunya maen terus, meski tubuhnya terlihat lelah matanya sayu, tapi kemauannya yang keras untuk terus bermain mengalihkan rasa letinya.
Suamiku bertanya, sebenarnya bagaimana sih kebutuhan tidur anak itu?
Menurut teori memang kebutuhan tidur anak lebih banyak daripada orang dewasa, tapi anak-anak juga memiliki kebutuhan untuk bermain yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh orang dewasa.
Masalahnya kebutuhan bermain pada anak inilah yang mendominasi dari kebutuhan yang lain, bahkan makan dam inum bisa jadi nomor sekian setelah kebutuhan bermainnya terpenuhi. Tak jarang kita melihat anak kita lupa makan dan tidak mau tidur siang karena keasyikan bermain. Lantas jika bermain juga menjadi kebutuhan anak kenapa tidak kita biarkan saja mereka bermain sepuasnya?...
Semua kebutuhan mereka harus kita atur agar bisa terpenuhi semua secara seimbang, kurang tidur membuat mereka kurang istirahat, sementara tenaga dan pikiran akan terkuras banyak saat mereka bermain. Akibatnya mereka kurang konsentrasi dan menjadi rewel, saran saya bagi anda yang memiliki anak sulit untuk tidur, boleh kita alihkan perhatian misalnya dengan mengajak mereka bersepeda atau dengan membacakan mereka buku cerita anak.

0 komentar:

Posting Komentar

Bloggerized by : GosuBlogger | Blue Weed by Blog Oh! Blog
Rusli Zainal sang Visioner